Thursday 4 April 2013

Laba-laba Terbesar Seukuran Wajah Manusia
detail berita
Tarantula Poecilotheria rajaei (Foto: Wired)
MANKULAM  – Tim peneliti telah temukan laba-laba tarantula seukuran wajah manusia di Sri Lanka. Hewan ini memiliki panjang kaki hingga delapan inci (sekira 20,32 centimeter) yang ditemukan di pepohonan sebuah rumah sakit di Mankulam.

Dilansir Wired, Rabu (3/4/2013), tarantula Sri Lanka dikenal sebagai hewan pepohonan (arboreal) yang memiliki tubuh warna-warni , cepat, dan berbisa.

Selain itu laba-laba yang dinamakan Poecilotheria rajaei ini berbeda dengan jenis spesies serupa, terutama di bagian bantalan kaki dan perut bagian dalam yang berwarna merah muda.

“Spesies ini memiliki cukup perbedaan yang signifikan untuk memisahkannya dengan spesies lain. Dengan melihat sampel DNA semua spesies Poecilotheria, kita dapat tentukan perbedaan taksonominya,” ungkap editor jurnal British Tarantula Society, Peter Kirk.

Tanda unik lainnya, kaki Poecilotheria memiliki pola geometris dengan daffiodil berwarna kuning serta abu-abu di kaki pertama dan keempat. Hal ini pertama kali diketahui ketika pendiri Sri Lanka Biodiversity Education and Research, Ranil Nanayakkara melakukan penelitian pada Oktober 2009 lalu.

“Mereka cukup langka dan hidup diantara pepohonan tua, namun seiring dengan berkurangnya lahan hijau dan rusaknya habitat, mereka mulai memasuki gedung-gedung tua,” jelas Nanayakkara.

Sejauh ini terdapat sekira 15 spesies termasuk dalam kelompok Poecilotheria. Akan tetapi, beberapa diantaranya sudah terancam punah karena kehilangan habitatnya.

http://techno.okezone.com

No comments:

Post a Comment